Senin, 13 April 2009

Seni dan Budaya

ARTI DARI SENI DAN BUDAYA

Arti Sebuah Seni

Seni adalah bentuk ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia, disampaikan dalam berbagai bentuk dan diterima oleh indra.

Arti Sebuah Budaya

secara etimologis menurut kamus bahasa indonesia, kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta Bodhya yang berarti akal budi.
Secara terminologis budaya adalah hasil dari budi dan atau daya, cipta, karya, karsa, pikiran dan adat-istiadat manusia secara sadar maupun tidak, dapat di terima sebagai suatu perilaku yang beradab. dikatakan membudaya bila kontinu, konvergen.

Budaya secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang memiliki arti mengerjakan tanah, mengolah, memelihara ladang (menurutSoerjanto Poespowardojo 1993).

Menurut The American Herritage Dictionary mengartikan kebudayaan adalah sebagai suatu keseluruhan dari pola perilaku yang dikirimkan melalui kehidupan sosial, seniagama, kelembagaan, dan semua hasil kerja dan pemikiran manusia dari suatu kelompok manusia.

Menurut Koentjaraningrat budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan cara belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar